Lost Interest At Everything

Maret 21, 2021

 Is it normal to have no interest at everything anymore? I’ve been lack interest at everything right now. I am still doing my duties or things I have to do. But, I am just having no interest to like something.

 

Apakah normal kalau aku terus-menerus punya perasaan seperti ini? Kadang rasanya kayak jadi daging yang dikasih nyawa karena engga punya interest apa pun. Rasanya kayak ngejalanin pesawat mode auto-pilot. Badanku gerak sendirinya secara normal, lalu aku diam di dalam pikiranku atau kadang aku berkelana jauh dari badanku.

 

Aku masih berinteraksi dengan orang-orang—dengerin ucapan mereka, menanggapi secarawa wajar, bertingkah layaknya manusia normal—tapi aku engga ada di dalam tubuhku. Aku engga tau di mana, melayang jauh, melihat diriku yang bergerak seperti biasanya.

 

Kedengeran kayak orang gila ya? Engga juga sih. Aku masih waras kok. Aku masih bisa berpikir rasional walau kadang emang banyak pikiran irasional hilir mudik di kepalaku. Tapi itu biasa aja. Aku masih bisa berfungsi layaknya manusia normal—cuma engga punya perasaan aja.

 

Mungkin penyebabnya aku terlalu banyak menekan keinginanku buat berbicara atau memiliki sesuatu sampai akhirnya perasaanku mati perlahan-lahan. Aku sering berhenti berbicara di tengah ucapanku karena tiba-tiba otakku bilang, “Berhenti bicara. Ucapanmu engga penting.” Aku langsung diam dan buat keadaan di sekitarku canggung.

 

Satu-satunya media aku bisa berekspresi cuma lewat tulisan. Untungnya, aku masih bisa menulis buat menuangkan pikiranku. Aku masih bisa senyum dan ketawa walaupun rasanya senyum dan ketawaku terasa otomatis karena aku butuh bereaksi pada orang yang berinteraksi denganku.

 

Aku engga jadi palsu. Bukan itu. Aku cuma lagi dalam mode auto-pilot. Sekarang, aku memang kehilangan minat pada banyak hal. Aku lagi engga pengen nge-hype apa pun saat ini, lagi engga pengen ngerasain excited. Walaupun kadang aku pengen ngerasain hidup yang bener-bener hidup... Aku keseringan menahan perasaan itu, sampai akhirnya aku engga punya minat lagi buat ngerasain excited atau seneng nge-hype sesuatu.

 

Walaupun aku lagi engga bisa ngerasain apa pun, aku berterima kasih ke kemampuan maladaptive daydreaming-ku. Aku bisa ngebayangin hal-hal yang bikin aku seneng atau aku bisa manipulasi pikiranku sendiri biar punya kenangan yang bikin aku seneng. Kadang di tempatku PKL, aku sering pas lagi melakukan sesuatu, aku melihat hal yang berbeda dari kenyataan. Aku bikin alternative universe-ku sendiri di mana aku bikin tokoh-tokoh buatanku sendiri dan ngebayangin setiap scene-nya. Berkat dunia paralel-ku itu, aku bisa terdorong buat melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan orang normal.

 

Jadi, begitulah. Sekian. Aku juga engga tau aku ngomong apa. Aku lagi berusaha membangkitkan minat aja karena sebetulnya aku capek ketika lost interest pada apapun.

 

You Might Also Like

0 comments